Kamis, 12 Januari 2012

Cara Servis Monitor LG Flatron 775FT Layar Bagian Atas Bergaris dan Menggulung




Servisan yang sama datang lagi. Kali ini Monitor LG Flatron 775FT juga tapi rusaknya Layar Bagian Atas Bergaris dan Menggulung. Kira - kira apanya ya.....?

Berikut Cara Servis Monitor LG Flatron 775FT Layar Bagian Atas Bergaris dan Menggulung :


Cara Servis Monitor LG Flatron 775FT Mati dengan Lampu Power Blink :

1. Bongkar monitornya dengan membuka 4 sekrup yang ada di tutup casing monitor.

2. Buka landasan Board Monitor yang terbuat dari besi.

3. Kerusakan Monitor LG Flatron 775FT Layar Bagian Atas Bergaris dan Menggulung ini disebabkan oleh rngkain vertikal yang mengalami gangguan. Kemudian saya coba cek semua rangkain vertikalnya ternyata OK-OK saja. saya cek secara fisik komponennya, ternyata ada Elco yang melembung (rusak) di bagian output Flyback yang 40 volt. Ternyata tegangan 40 volt ini dibutuhkan juga oleh rangkaian vertikal untuk membuka layar secara vertikal dengan sempurna selain tegangan dari power supply yang 15 volt.

4. Kemudian saya ganti elco yang rusak itu (elco ini sebagai filter tegangan 40 volt). Monitor kemudian saya nyalakan ternyata masih sama. Kemudian saya coba urutkan rangkaian 40 volt ini ternyata ada resistor pengaman dengan ukuran 0.1 ohm yang terbakar. Resistor ini sebagai sekring. Putusnya resistor ini diakibatkan oleh elco yang rusak tadi sehingga tegangan overload.

5. Kemudian saya ganti resistor yang rusak ini dengan ukuran 0.1 ohm. Dan monitor saya coba nyalakan, dan Monitor kembali nyala dengan normal ...... Lega rasanya......


sumber : ekohasan

0 komentar:

Posting Komentar