Jumat, 11 November 2011

TRIK INSTAL WINDOWS XP PADA LAPTOP ACER

Saat pertama kali instal Windows Xp pada Laptop baru Acer 4920 , banyak diantara teman yang bingung dan bahkan pusing karena setiap kali menginstal selalu dihadang oleh Layar Biru (Blue Screen), anggapan sementaraa yang muncul dibenaknya adalah CD Master yang bermasalah hingga beberapa CD Master Windows Xp dicoba hasilnya tetap sama, kecurigaan ditujukan ke memory karena munculnya blue screen. Sampai ada teman yang sempat menyimpulkan jangan-jangan laptop ini khusus dibuat untuk Windows Vista karena Acer saat itu masih paketan Windows Vista.

Cerita saya sering kali saya berfikir tentang gimana sih cara nya instal windows xp ne lah ampe berapa kaset yang saya pakai hasil nya iya seperti ini tidak pernah berubah nah sekarang saya punya solusi nya :

Memang laptop baru produksi sekarang ini tidak diperuntukkan lagi untuk operasi system Windows Xp tetapi untuk Windows 7, tapi jangan khawatir produsen laptop masih memberi peluang untuk menginstal system operasi Windows Xp dengan sedikit trik yang dilakukan yaitu pada Bios Setup dengan mengubah defaultnya dari AHCI Mode ke IDE Mode, karena laptop sekarang menggunakan Harddisk SATA. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Booting laptop Acer dan masukkan CD Master Windows Xp anda
2. Saat munncul Logo Acer langsung tekan F2 untuk masuk ke Bios Setup
3. Pilih menu Main
4. Setelah masuk ke menu Main pilih bagian paling bawah bertuliskan SATA Mode: lalu ENTER
5. Nah udah kelihatan tuh dua opsi yaitu IDE Mode dan AHCI Mode
6. Pilih IDE Mode lalu ENTER
7. Tekan F10 lalu ENTER

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini :
Catatan : Urutan Booting pada Bios Setup harus sudah disetting ke CD/DVD sebagai urutan pertama.

0 komentar:

Posting Komentar